Aku dan Pohon Sakura

Pohon Sakura adalah salah satu impian masa kecilku. Saat televisi mulai menayangkan film serial si Oshin dan Ordinary People, aku begitu ingin menyentuh dan memetik bunga yang menjadi kebanggaan orang Jepang itu. Pohon Bunga Sakura, pohon ajaib menurutku, karena setelah gundul pohon itu pada musim dingin, pada musim semi yang tumbuh duluan justru bunga yang cantik berwarna pink. Setelah bunga  berguguran baru muncul daun. Subhanallah. Semakin dipikirkan, semakin besar keinginanku untuk melihat dan menyentuh pohon bunga sakura. Duduk-duduk di bawah pohonnya dan menikmati keindahan alam ciptaan Allah sambil makan-makan. Bertahun kemudian, takdir membawaku ke negeri Sakura. Setelah menikah, aku dan suamiku menetap sementara di negeri yang kuimpi-impikan itu. Aku pun puas memandangi pohon-pohon sakura disepanjang jalan dekat apartemenku yang bunganya sedang bermekaran. Pohon yang dimusim gugur daunnya berguguran dan menjadi botak di musim dingin, berubah cantik karena bunganya tumbuh lebih dulu. Warna pink semu putih menjadi warna dominan saat musim semi karena bunga sakura memenuhi kiri kanan jalan raya. Subhanallah. Cantik.

Itulah mengapa orang Jepang, meskipun sejak lahir mereka merayakannya dengan hanami atau duduk-duduk memandangi kecantikan bunga sakura, tidak pernah bosan untuk datang kembali di tahun-tahun berikutnya. Duduk di tempat yang sama dan mengabadikan moment itu, karena setiap tahun selalu ada kenangan baru yang layak diabadikan. Baik bersama keluarga dan  teman-teman.

musimsemi2002

Aku dan Si Sulung Salma, menikmati keindahan bunga sakura tahun 2002

Begitu  pun denganku, setiap tahun aku hanami dengan teman-teman.  Membawa o-bentou dan makan bersama dengan mereka merupakan moment yang tak akan terlupakan seumur hidupku. Foto di bawah ini adalah foto saat hanami pertama kali bersama dengan teman-teman baru. Kim dari Korea, Bu Anas dari Indonesia, An dari Thailand, Yuki dari Australia, Rina dari Malaysia dan Matsui sensei guru bahasa Jepang kami yang ramah dan baik hati. Natsukashi na, mo ikai Nihon ikitai! ^_^

Hanami di Kampus Kogakubu Utsunomiya Daigaku, 2002

Hanami di Kampus Kogakubu Utsunomiya Daigaku, 2002

Sekilas tentang Sakura:

Sakura atau dalam bahasa Inggris dinamakan Cherry Blossom adalah  tumbuhan yang dinikmati keindahan bunganya. Meskipun pohon sakura tersebar di beberapa negara dengan empat musim, tetapi pohon ini identik dengan negara Jepang. Oleh karena itu, Jepang sering disebut juga negeri Sakura. Bunga Sakura mempunyai beragam spesies dan beragam nama dalam bahasa Jepang.

Saat musim semi orang-orang merayakannya dengan hanami. Semakin dingin tempat tumbuh pohon sakura, semakin lama bunga sakura mekar bersemi. Pada musim semi di Jepang, orang-orang berburu keindahan bunga sakura dimulai dari Kyushu, kemudian ke Honshu (tokyo dan sekitarnya) dan berakhir di  Hokkaido.

*Tulisan ini diikutkan dalam Give Away Aku dan Pohon.

Advertisements

11 thoughts on “Aku dan Pohon Sakura

    • Aku doakan selalu mbak, hanami akan menjadi pengalaman tak terlupakan mbak, mpe saya juga enggak tega untuk memetik bunganya, karena bunga sakura lebih cantik ngegumpul dipohonnya yang rimbun. Suka banget pas mulai berguguran, seperti disawer hehhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s