Resensi Buku: Membumikan Akhlak Lewat Cerita Anak

 

Saat pulang sekolah, di tengah jalan Aini menemukan sebuah dompet berwarna hitam. Dompet itu tergeletak di depan sebuah toko. Aini pun segera mengambil dompet tersebut dan menyerahkannya kepada penjaga toko. Tetapi, ternyata ibu penjaga toko bukan pemilik dompet itu.

Aini pun mencari sang pemilik dompet. Setelah mencari ke sana kemari, akhirnya sang dompet pun kembali kepada pemiliknya.

Buku ini membahas tentang akhlak yang disampaikan dalam bentuk cerita anak. Dalam penceritaanya, dibagi dalam beberapa bab, seperti Apa itu Akhlak, Akhlak Terpuji, Hidup Sederhana, Jujur, Menepati Janji, dan Memanfaatkan waktu dengan baik. Banyak cerita menarik dan inspiratif untuk anak di dalam buku ini.

Sayangnya tidak ada indeks atau daftar isinya, sehingga bab-bab yang disebutkan di atas itu baru diketahui saat buku sedang dibaca. Mungkin bagi orang tua yang ukuran buku dinilai dari daftar isi akan kesulitan dalam menentukan buku itu bagus atau tidak. Buku ini juga buku yang menarik karena full ilustrasi. Dari cover sampai isi dalam, semua full ilustrasi. Sayangnya, banyak teks yang menabrak gambar. Kemudian ada ilustrasi dengan pewarnaan warna biru gelap, teks cerita di atasnya hitam dan kecil-kecillll hurupnya. Ini menyulitkan anak-anak membaca.

Ada beberapa ilustrasi yang salah pewarnaan juga. Misalnya pada halaman 4, cerita dengan judul Dompet Hitam, disebutkan ibu yang kehilangan dompet memakai baju kuning. Di dalam ilustrasi, digambarkan ibu memakai baju merah jambu. Kesalahan yang menyolok bagi anak-anak karena anak tidak sekadar membaca, tapi juga akan mengomentari gambar yang dilihatnya.

Tentang teks, di halaman 4, ada kesalahan penulisan. Mungkin, maksud hati penulis adalah ingin menulis, “bel tanda pulang sekolah…” tapi di dalam naskah jadi ditulis, “Lonceng tanda masuk sudah berbunyi ketika Aini akan memberli makanan.”

Tak ada gading yang tak retak. Buku ini memang masih ada kekurangannya, tetapi mafaatnya pun lebih banyak lagi. saya merekomendasikan buku ini menjadi buku bacaan ananda di rumah. Disampul buku, disebutkan Rp1000 dari penjualan akan didonasikan untuk anak yatim piatu.

Nah, Anda mau menjadi salah satu pendonor juga kan? Semoga uang donasinya sampai kepada anak-anak yang kurang beruntung di luar sana

Judul buku: Anak Saleh Kesayangan Ayah Bunda

Penulis : Meti Herawati Penerbit:

Sahabat Ufuk Terbit: 2012

Tebal: 126 halaman

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s